Pendahuluan

Sekian puluh tahun lalu pasar tradisional dan warung-warung kecil di gang dan pinggiran kota selalu dipenuhi pengunjung dan pembeli. Dan tentu saja dengan adanya warung tersebut masyarakat bisa menyambung hidup dan ini merupakan ladang bagi mereka untuk mendulang rupiah. Tetapi kini, keberadaan warung-warung tersebut mulai tergeser dengan hadirnya toko waralaba mulai dari sudut kota hingga ke desa-desa dengan berbagai fasilitasnya. Tidak dipungikiri, pasar tradisional kini mulai terhempas dengan maraknya toko waralaba diseantero sudut kota dengan harga yang relatif sama namun fasilitas dan kenyamanannya jauh berbeda.

DOLLARBelakangan ini, juga mulai ramai dan diminati oleh masyarakat jual antar seperti DialMart. Bisnis yang mengandalkan pemesanan barang melalui telpon ini pun semakin ramai dan masyarakat semakin nyaman, karena berbelanja cukup mengangkat telepon, dan dalam waktu yang relatif singkat barang yang dipesan segera datang.

Dengan semakin mudahnya penggunaan internet dan semakin marak akhir-akhir ini, maka ini merupakan peluang dan ladang bisnis yang tidak akan pernah habis. Dengan teknologi internet masyarakat baik di kota besar maupun di daerah bisa memanfaatkan jaringan komputer terkait ini untuk mendulang rupiah bahkan dollar. Bagaimana caranya? Apakah bisnis melalui dunia maya atau internet ini perlu modal besar? Dan bagaimana transaksinya?

Bagaimana bisnis di internet?

Kalau akan mendirikan distro, toserba atau toko waralaba diperlukan modal yang sangat besar. Karena selain harus menyediakan tempat atau menyewa ruko dan berbelanja atau memesan barang untuk dipajang di toko tersebut. Selain itu diperlukan tenaga atau pramuniaga yang banyak, dan sebagainya. Yang jelas apabila kita akan mendirikan usaha seperti itu perlu dilakukan studi kelayakan bisnis yang meliputi aspek finansial, aspek yuridis, aspek geografis, aspek pasar dan sebagainya. Hal ini berbeda jika akan berbisnis melalui dunia maya, di sini tidak memerlukan toko yang besart, tidak perlu pegawai, dan tidak perlu menyiapkan gudang untuk menyimpan barang-barang yang akan dijual.

BISNISBisnis melalui internet sangat menyenangkan dan menguntungkan, karena kita cukup menydiakan space atau hosting di salah satu provider yang berbayar maupun yang free alias gratisan. Saat ini cukup banyak tersedia hosting gratisan yang bisa digunakan untuk berbisnis di dunia maya. Berbisnis di dunia maya atau internet ini tidak sulit, Anda bisa bekerja sama dengan mereka yang mempunyai produk atau barang dan Anda cukup menjualnya melalui website atau internet.

Pada saat awal bumnya internet memang untuk membuat website diperlukan keahlian khusus, tetapi saat ini tidak demikian, karena sudah tersedia template dan software generator yang siap digunakan. Bahkan apabila kita akan membuat sebuah website atau blog hanya diperlukan waktu dalam hitungan menit dan beberapa langkah saja. Website atau blog tersebut kita isi dengan foto-foto barang yang akan dijual, mulai dari pakaian jadi, tas sekolah, hingga ke barang-barang mewah. Dalam website atau blog tersebut kita cukup menampilkan foto lengkap dengan harganya. Satu hal yang sangat penting adalah alat yang bisa dihubungi, misalnya e-mail, telpon dan sebagainya.

Sebagai contoh, Anda akan memasarkan spatu Cibaduyut melalui website, yang harus dilakukan adalah membuat foto-foto spatu tersebut, lalu mengupload foto tersebut dan memberikan penjelasan singkat mengenai spatu tersebut, mulai harga, ukuran, material yang digunakan, dan sebagainya. Pasar atau berjualan di dunia maya ini sering disebut dengan istilah “Cybermall”, salah satu contoh Cybermall yang sukses adalah e-CompanyStore yang alamatnya http://www.eCompanysStore.com.

Untuk memudahkan masyarakat melakukan transaksi Anda harus mencatumkan cara pembayarannya, bisa menggunakan kartu kredit atau debet dari rekening. Dengan demikian pemasaran spatu Cibaduyut tidak terbatas di kota Bandung saja melainkan sudah dipasarkan secara luas bahkan ke seluruh dunia tanpa harus tersesat.

Memang untuk saat ini para pembelinya relatif terbatas dan untuk kelas tertentu saja. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengerti internet, dalam waktu yang relatif singkat bisnis ini akan semakin marak. Para pembeli umumnya memesan menggunakan form yang telah disediakan dengan atau bisa juga melalui e-mail atau SMS. Dan bagi Anda sebagai penyedia layanan tentu harus memantau terus perkembangan transaksi melalui web dan e-mail Anda. Sedangkan untuk mengirim barang yang dipesan Anda tidak perlu mempunyai pegawai melainkan cukup memanfaatkan jasa pengiriman barang yang saat ini sudah menjangkau peloksok tanah air bahkan dunia.

Bagainana promosinya

Bagaimana promosi di dunia maya? Untuk berbisnis di mana pun tentu diperlukan promosi. Untuk bisnis di dunia maya sangat mudah dan banyak media promosi baik yang berbayar maupun yang free. Saat ini cukup banyak sistem PPC di seluruh dunia, namun tentu saja tiidak semuanya besar dan dikenal masyarakat, seperti Google AdWords merupakah salah satu aktir PPC yang paling terkenal di dunia ini yang menggunakan alamat di Internet http://www.adwords.google.com. Hal ini dibuktikan sejak mesin pencari google tampil dan meruipakan satu-satunya mesin pencarian yang sangat dikenal dan banyak digunakan. Nah di sini lah GoogleAdwords menempatkan jutaan iklan PPC setiap harinya.

BISNIS2Begitu juga dengan overture.com yang juga tidak kalah besarnya, dia menempatkan iklan di masa kejayaan Yahoo. Di mana waktu itu yahoo masih dominan dan merupakan satu-satunya mesin pencarian. Perlu diketahui overture merupakan perusahaan yang pertama kali mengeluarkan sistem PPC berbasis mesin pencarian atau search engine.

Microsoft juga cukup baik dengan MSN adCentre. Di mana waktu itu MSN merupakan  salah satu layanan online handal milik Microsoft. Tidik dipungikiri MS AdCenter beberapa tahun lalu secara umum mendapatkan materi iklan PPC dari Yahoo. Namun untuk saat ini Microsoft telah membangun sistem PPC sendiri dan tentu saja menghentikan iklan dari Yahoo. Selain itu masih banyak lagi seperti FindWhat dengan alamat www.findwhat.com yang saat ini lebih dikenal dengan MIVA juga masih tetap esksis.

LookSmart dengan alamat http://www.looksmart.com, Enhance dengan alamat http://www.marchex.com, ePilot dengan alamat http://www.epilot.com, dan Kanoodle dengan alamat www.kanoodle.com. Selain itu masih banyak penyelenggrana PPC ini seperti way-paperclick.com, tetapi tidak semua penyelenggaran PPC menyediakan fasilitas bagi para bloger ataupun yang mempunyai Website.

Untuk menambah jumlah promosi Anda juga bisa bergabung dengan beberapa jejaring sosial seperti facebook, Tuiter, atau gabung juga dengan milonglist atau group marketing online yang ada di dunia maya. Jika perlu Anda menulis mengenai produk Anda dan publikasikan tulisan tersebut di beberapa website yangsat populer seperti http://www.articleally.com, http://www.enzinearticle.com, dan sebagainya. Kemudian dalam artikel tersebut Anda buat link ke halaman utama website Anda yang menampilkan produk yang akan di jual tersebut. Maka ketika orang atau pengunjung salah satu website jejaring sosial tersebut dan membaca artikel Anda, maka dapat dipastikan dia akan mengunjungi website Anda.

Beberapa keuntungan

PPC (Pay Per Click) sekarang semakin populer. Tidak sedikit usaha yang menggunakan PPC untuk iklannya. Jika perkembangan teknologi ini terus berlanjut, maka PPC kemungkinan akan semakin kompleks dan semakin kompetitif. Maka dari itu peran teknologi informasi akan sangat penting untuk menjalankan bisnis PPC ini. Jika teknologi PPC diperkirakan ke depan semakin meningkat, maka sudah pasti peran Teknologi Informasi khususnya Internet akan semakin nyata dan bermanfaat. Satu kata Internet dan Teknologi serta banyaknya publisher dan advertiser merupakan peran utama bisnis PPC ini.

Terus terang teknologi akan sangat bermanfaat bagi manusia, baik dalam menyelesaikan pekerjaan, bisnis, termasuk bisnis PPC. Manusia merasa lebih baik jika pekerjaan dilaksanakan berdasarkan data dan analisis. Maka sebagai alatnya adalah Teknologi Informasi, khususnya komputer dan bahasa pemrogramannya. Maka dari itu banyak piranti yang dapat digunakan untuk membantu manusia di seluruh dunia. Antara pekerjaan dan hasil jelas ada korelasi, jika data dan produk di olah serta dipasarkan secara baik, jelas akan diminati oleh masyarakat. Begitu juga dengan PPC, jika produk yang ditawarkan melalui Advertiser, maka publisher bisa dengan mudah membolehkan iklannya dipasang di web atau blog pemiliknya.

Dengan demikian teknologi sangat berguna bagi masyakat di seluruh dinia, karena orang memberikan lebih banyak waktu untuk menganalisis, melihat dan mencermati produk yang ada dan terpasang di sebuah tayangan iklan PPC melalui Advertiser tertentu. Maka dengan teknologi dan informasi memungkinkan orang untuk fokus dan benar-benar melihat manfaat dari tayangan iklan PPC tersebut.

Kata kunci dari perkembangan PPC dan teknolgi tersebut terletak pada salah satu sudut pandang masyarakat, dan beberapa tools yang dapat membantu daerah tertentu untuk melihatnya. Masyarakat di dunia ini akan merasa manfaat dari mengklik iklah yang ditampilkan, baik melalui GoogleAdsense, Bidvertiser, PPCIndo, dan sebagainya.

Jika mereka merasa bermanfaat dengan mengklik iklan tersebut, maka mereka akan terus memasuki web dalam iklan tersebut. Maka jelas keuntungannya selain akan dinikmati oleh Publisher, Advertiser, terumasuk yang memasang iklan tersebut. Dan ini merupakan kata kunci di sekitar yang memasuki manusia, dan memberikan hasil bagi mereka seberapa sering istilah yang dicari dan seberapa penting bagi mereka.

Dengan berbagai PPC tersebut memberikan orang berbagai ide bahwa mereka mungkin tidak memiliki pemikiran lain. Alat ini tidak boleh digunakan untuk membuat keputusan, tetapi istilah ini menunjukkan tidak relevan dengan situs spesifik. Karena korelasi antara manusia dan teknologi sangat penting. Pemetaan SEO tools akan melihat bagaimana menggunakan PPC dan optimis sebuah situs adalah sangat efektif. Dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di dunia maya bernama PPC (Pay Per Click) ini ternyata sangat cepat. Begitu juga dengan hasil bisa dilihat dengan mudah melalui mesin pencarian atau search engine.

Apakah PPC dapat dipercaya?. PPC sangat bisa dipercaya, hal ini terbukti dengan banyaknya yang sukses berbisnis dengan memanfaatkan PPC ini. Dengan memanfaatkan PPC untuk mendapatkan trafik bagi situs bisa diandalkan. Anda dapat mendatangkan banyak trafik, dan selalu muncul untuk setiap pencarian tetap dalam search engine utama, jika Anda membayar tentunya. PPC akan berjalan dengan baik apabil ada yang menyelenggarakan, pemasang iklan dan yang mempublikasikan. Penyelenggaran atau yang menyediakan jasa untuk menerima dan menyalurkan iklan kepada mereka yang mampu mempublikasikan melalui web atau blog tertentu. Advertiser adalah mereka yang memasang iklan di penyelanggara PPC, seperti misalnya GoogleAdsese, PPCIndo.com, AdsenseCamp, kumpulblogger.com dan sebagainya. Sedangkan Publisher adalah para bloger atau mereka yang mempunyai website yang ingin memasang iklan dari penyelenggara PPC tersebut. Maka dengan demikian tentu bagi para bloger atau yang mempunyai website pribadi akan sangat menguntungkan dengan adanya PPC ini. Karena selain bisa mendatangkan uang juga bisa lebih dikenal secara luas.