Pendahuluan

Belakangan ini mulai rame dibicarakan, di seminar, di kampus, dan diberbagai tempat “Cloud computing”. Sebenaranya sejak tahun 2010 lalu istilah Cloud Computing atau komputer awan sudah mulai ramai dibicarakan. Dan memasuki tahun 2012 juga istilah Cloud Computing semakin ramai dan merupakan topik yang cukup enak untuk dibicarakan untuk menambah wawasan kita khususnya dalam bidang Teknologi Informasi.

Apa itu Clound Computing?

AWAN-02Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai Cloud Computing, sebaiknya mengenal perjalanan penggunaan komputer di dunia ini, mulai dari jamannya mainframe, client-server, web, SOA sampai dengan Cloud. Sebagai gambaran berikut ini saya tampilkan perjalanannya mulai dari era mainframe tahun 1970-an, kemudian disusul zamannya Client-Server sekitar tahun 1980-an, lalu era Web tahun 1990-an, tahun 2000 zamanya SOA dan tahun 2010 sampai sekarang komputer awan mulai rame dibicarakan dan mungkin saja satu atau dua tahun ke depan sistem ini yang akan banyak digunakan.

Kemudian apabila melihat perjalanan tersebut Anda mungkin akan bertanya, apa sebenaranya Cloud Computing itu? Cloud Computer adalah sebuah konsep teknologi yang memungkinkan para pengguna komputer atau user menggunakan produk-produk IT dalam sebuah service. Jadi dengan konsep ini perusahaan atau organisasi pengguna service tidak perlu memikirkan infrastruktur teknologi, men-training tenaga ahli, atau membeli lisensi sebuah software. Dengan cloud computing, perusahaan atau organisasi cukup berlangganan satu atau menggunakan service yang dibutuhkan dengan pembayaran dilakukan per service melalui Internet.

Sejak beberapa waaktu lalu hampir semua komputer yang ada didunia ini akan terhubung ke internet, dimana semua aktivitas akan dilakukan langsung terhubung internet atau awan. Maka dengan semakin banyaknya pengguna komputer yang terhubung ke jaringan internet, maka munculah berbagai aplikasi yang hidup diatas awan. Salah satu contoh Windows Azure, Office 365, dan sebagainya. Dengan demikian jelas pengguna (user) mulai saat ini tidak akan dipusingkan lagi dengan sistem operasi, software, hardware (server), dan sebagainya, karena semua sudah tersedia, yaitu Cloud Computing.

AWAN-04Bagaimana dengan di Indonesia? Kalau dilihat dari infrastruktur dan perkembangan IT di Indonesia, Cloud Computing memiliki potensi yang sangat luar biasa besarnya. Di sini ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut, antara lain, Indonesia ada jutaan UKM yang sangat mungkin menggunakan komputer awan. Karena siapapun mungkin sudah menegetahui bahwa UKM di Indonesia tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk membeli, memelihara dan mengamankan sistem informasi mereka sendiri. Maka dengan Cloud Computing, mereka cukup menyewa layanan dari penyedia di Cloud. Pendekatan ini menghilangkan kebutuhan akan Capital Expenditure (Capex), yaitu investasi awal yang sangat memberatkan UKM. Capex dikonversi menjadi Operational Expenditure (Opex), yang lebih mudah dikelola. Pada waktu yang sama, penyedia jasa Software as a Service (SaaS) yang tersedia di Cloud dapat menawarkan harga yang sangat rendah karena economies of scale.

Sebagai gambaran bagi Anda, service apa saja yang ada di komputer awan atau Cloud Computing tersebut? Berikut ini akan dijelaskan beberapa service yang umum dan perlu Anda diketahui.

  • Software as a Services (SaaS), merupakan konsep dimana perusahaan penyedia jasa (provider) memiliki sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh banyak client, dengan demikian client tidak perlu menyiapkan sebuah server dan membeli software dan memasangnya, mereka cukup membeli service dan aplikasi tertentu. Atau dengan kata lain SaaS merupakan layanan yang akan mempermudah pengguna dalam memanfaatkan semua fitur aplikasi dengan cara berlangganan atau pay per-use, sehingga tidak perlu lagi melakukan instalasi software, instal antivirus, dan sebagainya, dan lain-lain.

AWAN-05

  • Platform as a Services (PaaS), jenis cloud computing yang menyedikan service berupa application development environment, yaitu sebuah lingkungan pengembangan aplikasi dimana pengembang bisa menjalankan aplikasinya di server provider dan diserahkan kepada client-nya melalui medoa Internet. Atau dengan kata lain PaaS adalah layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi tertentu yang jalan dengan di komputer awan.
  • Infrastructure as a Services (IaaS) merupakan layanan infrastruktur awan, dimana infrastruktur tersebut berada pada lingkungan virtualisasi platform – sebagai sebuah layanan. Secara sederhana IaaS adalah sebuah layanan yang menyewakan sumber daya teknologi informasi di awan yang dapat digunakan oleh user untuk menjalankan suatu aplikasi.

Dengan Cloud Computing banyak hal yang bisa dinikmati oleh masyarakat khususnta UKM di Indonesia, karena bisnis-bisnis tidak lagi perlu dipusingkan oleh kompleksitas teknologi. UKM dan juga korporat bisa mentransfer risiko mereka ke pihak ke tiga, yaitu penyedia jasa di Cloud Computing. Mereka juga tidak perlu memusingkan masalah teknologi yang kadaluwarsa sebelum Return on Investment (ROI) tercapai.

Aplikasi Office 365

Apakah Anda sudah merasakan aplikasi keluarga Microsoft Office atas awan? Sebenarnya sudah lama aplikasi office Anda bisa akses melalui internet, antara lain Word Web App, Excel Web App, PowerPoint Web App, dan sebagainya. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan dengan memiliki e-mail, misalnya di msn.com, hotmail.com, live.com dan sebagainya. Namun aplikasi berbasis web dengan Office 365 yang ada di awan tentu sangat berbeda, walaupun fitur-fiturnya hampir sama.

Microsoft Office 365 adalah sebuah jawaban yang sangat sempurna bagi perusahaan Anda untuk meningkatkan produktivitas. Apabila saat ini Anda belum menggunakan Microsoft Office 2007 atau 2010, maka ada alternatif yang sangat baik yaitu migrasi ke Office Office 365 yang bisa dijalankan secara onlone dari mana saja dan kapan saja dengan device dan dengan tanpa membedakan sistem operasi (OS). Office 365 Online yang lebih dikenal Office di atas awan ini mencakup Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook, serta Lync dan SharePoint. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yang ada dimiliki saat ini, Anda sudah bisa menciptakan kantor berjalan dan kantor online

Office Apps

Jika Anda sudah familiar dengan Office 2007 atau Office 2010, ketika Anda enggunakan Office 365 akan jauh lebih aman dan nyaman. Karena, dengan aplikasi yang jalan diatas Browser ini tidak mewajibkan memasang aplikasi keluarga Microsoft Offuce di komputer Anda. Dengan Office 365 yang bekerja secara online Anda bisa bekerja lebih nyaman dan tentu datanya pun bisa disimpan diatas awan dengan memanfaatkan SkyDrive.

AWAN-03

Perlu diketahui juga bahwa Office 365 memang fiturnya tidak selengkap Office 2010 yang diinstal di komputer Anda, melainkan hanya fitur-fitur inti saja yang ada. Namun demikian tetap memenuhi kebutuhan aplikasi perkantoran Anda.

Apakah Anda sibuk karena kehilangan data yang disimpan di harddisk eksternal Anda? Atau flashdisk Anda hilang atau tertinggal di rumah? Maka dengan Office 365 menawarkan pilihan lebih beragam sebagai media penyimpannya, antara lain menyimpan data di SkyDrive yang bisa diakses dan dibuka dari komputer mana saja di seluruh dunia. Dalam hal ini Office bekerja di atas diatas browser dan datanya disimpan di atas awan. Maka lengkaplah komputerisasi awan Anda yang handal dan canggih dengan Office 365.

Selain Microsoft Word, Microsoft Excel sebagai aplikasi spreadsheet juga termasuk cukup canggih, walaupun tidak selengkap Microsoft Excel 2010 kovensional. Meskipun berbasis Web semua aplikasi yang disediakan, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan OneNote tetap memenuhi kebutuhan aplikasi modern perkantoran saat ini.

Berbagi dan Kolaborasi

Kantor 365 menyediakan beberapa kemampuan real-time kolaborasi di Excel dan OneNote, tapi tidak dalam Word dan PowerPoint. Microsoft baru-baru meluncurkan sebuah fungsi coauthoring untuk Web App Word, tetapi bekerja hanya jika Anda berbagi file dari file Windows Live layanan penyimpanan SkyDrive, dan ketika Anda menggunakan Web App Firman; tidak bekerja dengan Office 365.
Namun, Kantor 365 dgn mudah membuat untuk kurangnya kerjasama asli dalam dokumen dengan membuatnya mudah untuk mendirikan sebuah sesi papan tulis online melalui layanan Lync Online. Dengan Lync Online, Anda dapat berbagi dan berkolaborasi secara real time pada setiap item pada desktop Anda. Kontak eksternal dapat bergabung pertemuan online menggunakan aplikasi klien Lync, atau klien berbasis Web.

Keuntungan

Yang penting dengan teknologi Cloud kita bisa bekerja dimana saja, kapan saja, tanpa batasan ruang dan waktu. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang pembelian komputer server dan menghabiskan waktu berjam-jam, berhari-hari atau berminggu-minggu hanya untuk konfigurasi dan memelihara komputer server di kantor Anda. Dengan Office 365, semua administrasi dan pengelolaan perangkat keras telah diurus oleh Microsoft di pusat data mereka di seluruh dunia.