Pendahuluan

Mungkin Anda dulu pernah menggunakan Windows Encoder untuk membuat video tutoral. Aplikasi keluaran Microsoft tersebut waktu itu banyak digunakan untuk membuat video tutorial khususnya untuk mengambil gambar atau capture dari aplikasi yang dijalankan. Namun sesuai dengan perkembangan teknologi, aplikasi Microsoft Encoder mulai ditinggalkan penggunanya, maka beberapa waktu lalu Microsoft kembali meluncurkan Microdoft Expression Encoder 4.

GB

Microdoft Expression Encoder 4 ini merupakan sebuah aplikasi yang mampu merekam video dan audio dari layar anda. Hal ini pastinya sangat bermanfaat jika anda ingin membuat video instruksi/tutorial, ataupun ketika anda ingin merekam video game yang sedang Anda mainkan.

GB-02

Persyaratan

Sistem operasi yang digunakan untuk menginstalasi Microsoft Expression Encoder 4 antara lain :

  1. Microsoft Windows 7
  2. Microsoft Windows Vista
  3. Microsoft Windows XP Service Pack 3

Sedagkan untuk hardware yang direkomendasikan antara lain:

  1. PC with 1 GHz or faster processor
  2. 1 GB of RAM or more
  3. 2 GB or more of available hard-disk space
  4. .NET Framework 4.0
  5. Silverlight 4.0
  6. Support for Microsoft DirectX® 9.0 graphics with Windows Vista Display Driver Model (WDDM) Driver, 128 MB of graphics RAM or more, Pixel Shader 3.0 in hardware, 32-bits per pixel
  7. DVD compatible drive
  8. 1024 x 768 or higher resolution monitor with 24-bit color
  9. Internet functionality requires Internet access (additional fees may apply)
  10. Some product features require FireFox 3.0 or later, Internet Explorer 8

Untuk memulainya terlebih dahulu tentu saja kita perlu mendownload software tersebut di alamat http://www.microsoft.com, lalu cari Microsoft Expression Encoder. Untuk mendoloadnya Anda cukup klik Download dan save file tersebut dapat Anda simpan di salah satu folder di komputer anda. Proses instalasinya juga tidak sulit (untuk jelasnya Anda bisa download e-Book Microsoft Expression Encoder yang ada http://wss-id.org.

GB-07

Setelah selesai menginstal Microsoft Expression Encoder tersebut, anda dapat mulai menjalankan aplikasi ini. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini sampai saat ini kemampuan dalam merekam video hanya terbatas hingga 10 menit saja (mohon dikoreksi jika salah), karena Microsoft Exression Encoder yang saya gunakan adalah yang versi Trial dan bukan Microsoft Expression Encoder 4 Pro.

Exression Encoder Screen Capture

Walaupun Microsoft Exression Encoder 4 Screen Capture jalan secara terpisah, namun dengan adanya fitur ini Anda tidak akan kesulitan untuk membuat sebuah video tutorial. Sebagai contoh, Anda akan membuat video tutorial Microsoft Word 2010, maka fitur ini bisa Anda gunakan. Yang jelas dengan Microsoft Exression Encoder Scereen Capture semua gambar dari aplikasiyang dijalankan akan terekam dengan sempurna.

Tool yang juga tidak kalah pentingnya dari Microsoft Exression Encoder yaitu akan memudahkan pekerjaan kita untuk melakukan encoding video, menampilkan video dengan kontrolnya dan mempublishnya yakni menggunakan Expression Encoder. Versi terbaru yang ada Expression Encoder 4 yang merupakan paket dari Expression Studio 4.

Exression Encoder

Pada saat aplikasi ini dijalankan, maka akan disediakan 3 pilihan yakni :

  1. Transcoding Project yang dapat digunakan untuk melakukan encode (saja) sesuai format dan kompresi yang diinginkan.
  2. Silverlight Project yang dapat digunakan tidak hanya melakukan encode tetapi juga akan mem-publish hasil encode agar dapat dilihat dengan menggunakan silverlight media player (yang artinya harus dibuka saat pada web browser).
  3. Live Broadcasting Project yang dapat digunakan untuk melakukan encode dan langsung mem-broadcast hasil encode via ‘Real Time Streaming Protocol’. Sumber yang dapat di-encode dapat berupa file atau dari live source seperti web cam atau tv tunner.

Silverlight Template

Sama seperti versi-versi sebelumnya, pada Encoder 4 juga terdapat silverlight template, template ini akan muncul ketika video tersebut dipublish di browser. Fortunately, template tersebut bersifat costumizable sehingga kita dapat mengganti tampilannya, menambahkan fitur/control dengan menggunakan tool Expression Blend.

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang dimiliki Microsoft Expression Encoder 4 ini antara lain adalah dalam hal kemudahan setting. Di sini setting yang dapat anda lakukan sebelum melakukan perekaman antara lain dengan mengklik ikon gear, lalu Anda set frame ratenya menjadi 30fps, quality Anda atur menjadi 100, dan seterusnya. Jika Anda akan menggunakan microphone saat melakukan recording, klik pada tab audio, dan pilih microphone yang anda gunakan dengan bit-rate hingga 256, atau format 2 chanel, 16 bit, 48 Khz, dan seterusnya.

GB-05

Untuk memulai melakukan perekaman Anda cukup klik ikon record yang berwarna merah. Begitu selesai merekam, maka anda dapat memilih output direktori pada bagian kanan layar anda dan file nya akan tersimpan dalam format WMV.