Sebenarnya fitur Virtual Memory (VM) sudah diperkenalkan di Windows versi sebelumnya. Manfaat dan kegunaannyapun juga relatif sama, yaitu untuk meningkatkan performa atau kinerja windows 8 CP (Consumer Preview). Dengan kata lain dengan memanfaatkan fitur ini di Windows 8 CP yang terpasang di komputer Anda akan semakin meningkat performanya.

VM-01

Virtual memory adalah memori tambahan yang dapat diambil dari ruang kosong (free space) yang ada di hardisk. Windows menyediakan fasilitas ini untuk menunjang atau meningkatkan performa komputer Anda. Secara default Microsoft Windows 8 akan mengalokasikan ruang kosong di hardisk sesuai dengan batas minimum kebutuhan Windows 8, tetapi dengan pengaturan secara manual, kita bisa menambah ruang VM (Virtual memory) komputer kita. Virtual Memory ini akan digunakan oleh Windows 8 secara otomatis jika memori fisik telah terpakai penuh oleh aplikasi-aplikasi yang jalan di atas Microsoft Windows 8.

VM-02 

Setting VM

Bagaimanay setting VM di Windows 8 CP? Sebenarnya untuk setting VM di Windows 8 ataupun di Windows 7 pada prinsipnya sama saja. Untuk jelasnya, lagkah-langkah setting Virtual Memory di Windows 8 CP adalah sebagai berikut:

  1. Setelah berada di area Windows 8 CP, kemudian Anda klik tombol Windows Explorer, lalu klik kanan tepat pada Computer, setelah menu Popup tampil Anda klik Properties. Jendela Computer Properties segera tampil.
  2. Pilih Advanced system settings, dan klik tab Advanced, lalu pilih tombol Settings dibawah pilihan Performance. Setelah itu kotak dialog Performance segera tampil, kemudian klik tab Advanced, lalu pada kotak dialog Performance Option dibawah Virtual Memory klik tombol Change.
  3. Pada kotak dialog tersebut terlihat "Automatically manage paging file size for all drives" Anda klik untuk menghilangkan tanda centang pada pilihan tersebut. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengklik pada pilihan Custom size, lalu isi bagian initial size (MB), misalnya Anda isi 1000 (dalam hal ini sebaiknya disesuaikan dengan space kosong di hardisk Anda). Kemudian Anda isi juga pada bagian maximum size (MB), misalnya 2000 (ini juga sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas space kosong di hardisk anda)
  4. Klik tombol Set untuk menyimpan konfigurasi tersebut dan untuk mengakhirinya klik OK. Pada Anda komputer meminta menkan tomnbol OK untuk Restart komputer, Anda klik tombol OK. Sampai komputer menyatakan siap untuk melakukan Restrat komputer Anda.

 VM-05

Perlu diketahui bahwa pengaturan virtual memory ini hanya bermanfaat jika kapasitas memory telah penuh digunakan oleh berbagai aplikasi yang sedang berjalan di komputer