Pendahuluan

Windows 8 memang masih belum rilis, karena yang saat ini beredar dan banyak digunakan diseluruh dunia adalah Windws 8 CP (Consumer Preview). Namun, walaupun sistem operasi ini masih belum rilis, tetapi kemampuan dan kecanggihannya sudah tidak diragukan lagi. Ini terbukti dengan banyaknya pengguna termasuk di Indoneia. Tidak hanya sampai sebatas dicoba dan digunakan sebagai sistem operasi dekstop, laptop ataupun tabloet PC, tetapi juga mulai banyak digunakan oleh kalangan developer untuk mencoba aplikasi yang mereka bangun apakah jalan dengan baik dan kompatibel dengan Windows 8 atau tidak.

Sebenarnya dengan Windows 8, sebenarnya sedcara otonatis akan tercipta peluang baru kususnya bagi para developer. Mereka bisa memanaatkan sistem operasi ini untuk menciptakan aplikasi canggih yang bisa dijual secara online, karena Windows 8 sudah menydiakan fitur yang bisa menunjang kegiatan tersebut.

Apakah Anda sudah mengenal fitur Stire yang ada di Windows 8? Ini salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh parfa developer. Bagi mereka yang terbiasa dengan game online, Windows 8 juga menyediakan fitur tersebut. Bahkan dengan ramainya Cloud Computing atau komputer awan, Windows 8 juga mendukung fitur tersebut, ini terbukti dengan adanya fitur SkyDrive, Store, dan lain-lain.

Store

Ketika dirilis nanti Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang mereka sebut Windows Store. Konsepnya mirip dengan yang ada smartphone dengan Windows Phone 7.x sebagai sistem operasinya. Jadi bagi Anda pengguna Windows Phone 7.x pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur ini.

STORE

Seperti telah saya tulis di blog sebelumnya bahwa untuk memanfaatkan dan memaksimalkan fitur yang ada di Windows 8, pengguna wajb memiliki Account yang berhubungan dengan produk Microsoft, seperti Hotmail, MSN, Windows Live, dan sebagainya. Bagi Anda yang saat ini sudah memasang Windows 8 mungkin sudah bisa memanfaatkan beberapa fitur game online yang ada.

finance

Cloud

Apa itu Cloud Computing? Ada beberapa definisi mengenai Cloud Computing, antara lain “Sebuah gaya dan layanan komputasi modern yang canggih dan bisa dilakukan dari mana saja, kapan saja, oleh siapa saja tanpa batas ruang dan waktu dengan memanfaatkan teknologi internet”. Selain itu ada juga yang menyatakan bahwa Cloud Computing “Kemampuan Teknologi Informasi standar seperti penggunaan software standard, applicaton platform, dan infrastructure, yang digunakan secara pay-per-use dan self-service way”

CALENDER

Kalau demikian secara sederhana Cloud Computing adalah sebuah pendekatan komputasi dengan memanfaatkan teknologi internet dan menghubungkannya ke berbagai perangkat sampai ke pengguna secara online. Kalau begitu apa hubungannya dengan Windows 8?

E-MAIL

Mungkin Anda akan menyatakan sistem operasi Windows 8 ini merupakan generasi Windows pertama untuk lingkungan komputer PC yang memiliki beberapa layanan berbasis cloud computing. Di dalamnya sudah ada penyimpanan cloud untuk email, kalender dan kontak, dan lain-lain, ini salah satu fitur canggih yang disediakan Windows 8. Selain nitu Anda juga bisa memanfaatkan fitur Cloud ini seperti SkyDrive.

Namun demikian fitur lain juga tidak kalah canggihnya seperti fitur Map, Finance, Messeging, Finball, Xbox Live Games, dan lain-lain. Semoga bermanfaat.