keyboardSudah beberapa bulan ini saya menggunakan Windows 8 sebagai sistem operasi di laptop saya. Sebelum pindah ke Windows 8 CP (Consumer Preview), saya sudah menggunakan Windows 8 DP (Developer Preview). Sistem operasi canggih ini, mantap sebagai sistem operasi Desktop dan canggih sebagai sistem operasi Tablet PC.

Microsoft Windows 8 memang berubah total. Microsoft pernah merubah tampilan sistem operasi Windows dari Windows 3.0, 3.1, 3.11 ke Windows 95, atau Windows NT. Yang paling berbeda dibandingkan dengan Windows 7 atau Windows Vista adalah dalam hal tombol Start. Tombol ini benar-benar berubah total.

Tombol Start yang ada di Windows 8 diganti dengan fitur Charm Bar. Dengan fitur canggih ini pengguna bisa menjalankan berbagai aplikasi di Windows 8 cukup dengan menekan kombinasi tombol Windows dan C secara bersamaan.

Dengan menekan tombol Windows dan tombol C secara bersamaan maka di bagian bawah dan kanan layar komputer Anda akan tampil beberapa tombol-tombol pilihan, di bagian bawah Anda akan melihat koneksi ke suatu jaringan, WiFI, Jam, hari dan tanggal, termasuk indikator catudaya. Sedangkan di sebelah kanan monitor terlihat beberapa tombl seperti tobol Search, tombol Share, tombol Start, tombol Device, dan tombol Settings. Sedangkan bagi pengguna tablet PC bisa melakukan swipe gesture dari atas ke bawah pada bagian kanan layar atau bisa dengan menekan kombinasi tombol Windows + C dari keyboard.

WIND2

Seperti pada beberapa artikel saya sebelumnya bahwa Windows 8 menggunakan fitur Metro UI, yaitu tampilan antarmuka yang didesain khusus untuk memanfaatkan teknologi layar sentuh secara maksimal.
Karena Windows 8 merupakan sistem operasi bisa digunakan di PC, Laptop dan Tablet PC, maka sudah otomatis semua fitur yang ada di Windows 8 mudah digunakan disemua hardware tersebut. Bagi pengguna tablet, maka layar sentuh pada sistem operasi ini akan memberikan sensasi dan nuansa berbeda.

Tombol penting yang harus di catat adalah tombol Windows. Jika Anda menekan tombol Windows, kemudian menekan tombol atau hurup apa saja yang ada di keyboard, maka akan direspon oleh Windows 8 dengan cepat. Misalnya Anda tekan tombol Windows, kemudian tekan tombol apa saja, misalnya Anda menekan tombol S, maka akan tampil pilihan seperti gambar di bawah ini.

WIND1

Jadi kunci untuk menguasai desktop dan Metro Windows 8 adalah tombol Windows.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

TTD2