Bagi penguna Windows 7, mungkin sudah mendengar atau mencoba fitur Bitlocker. Nah di Windows 8 juga fitur ini juga hadir dengan berbagai penambahannya, namun karena Windows 8 ini masih versi Consumer Preview, penambahan kemampuan dalam fitur tersebut belum terlihat secara signifikan.

Fasilitas ini sebenarnya dipersiapkan Microsoft bagi mereka yang suka menggunakan USB Drive atau harddisk External. Dengan memanfaatkan fasilitas BitLocker, maka USB Drive (FlashDisk) atau harddisk External Anda ketika dicolokkan ke port USB langsung meminta password. Begitu juga dengan harddisk external juga akan meminta hal yang sama. Dengan memanfaatkan BitLocker ini data dan dokumen Anda yang ada di FlasihDisk, Harddisk External tidak mudah untuk dibaca dan dibuka oleh orang ain yang tidak berhak.

Setup BitLocker

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan BitLocker ini. Cara yang paling umum adalah dengan klik kanan di atas Flash Disk atau Harddisk External. Namun Anda akan mengaktifkan Bitlocker dengan cara mengklik Control Panel, klik System and Security, dan klik BitLocker Drive Encryption. Setelah mengikuti ara tersebut jendela yang menampilkan Disk drive segera terlihat, kemudian Anda tinggal klik Turn on BitLocker.

GB-09

Jika proses akan terus dilaksanakan, maka Anda harus memasukkan Password dikolom yang telah disediakan, ketikkan password dikolom tersebut, kemudian ketikkan sekali lagi password Anda di kolom berikutya. Setelah itu Anda klik Next untuk melanjutkan.

clip_image002 clip_image003

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melihat kemampuan dan kecanggihan fitur Bitlocker Windows 8 ini, terutama dalam hal menyimpan file untuk recovery. Sebagai contoh pada menu recovery key ketika kita setup pada drive laptop terdapat 3 piihan penyimpanan file “Save the recovery key to a USB flash drive, Save the recovery key to a file, dan Print the recovery key”. Sedangkan ketika Anda setup BitLocker pada USB Drive atau External Drive ada beberapa pilihan peyimpanan file, yaitu “Save the recovery key to a file” dan “Print the recovery key” . Setelah Anda menyimpannya file tersebut, klik “Next” untuk melanjutkan dan “Next”. Kemudian untuk mengakhiri pekerjaan tersebut klik “Start Encrypting”. Lalu biarkan proses enkripsi berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan untuk menutup klik “Close”.

Untuk mencobanya Anda Eject USB FashDisk, kemudian masukkan kembali, maka BitLocker akan aktif ditandai degan tampilnya permintaan untuk memasukkan password.

Pada tampilan tersebut ada beberapa pilihan, yaitu Show password characters as i type them, pilihan ini digunakan apabila Anda menuiskan password, maka teks password yang diketikkan tersebut akan akan terihat. Dan pilihan berikutnya adalah Automatically unlock on this computer from now on. Pilihan ini digunakan apabila Anda menginginkan USB FlasDrive tersebut akan unlock secara otomatis..

Manage BitLocker

Bitlocker harus dimanage, karena apabila tidak suatu saat Anda akan lupa passoword yang digunakan atau bisa hal lainyang menyebabkan fasilitas tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk memanege BitLocker tersebut caranya klik Control Panel, lalu klik System and Security, dan klik BitLocker Drive Encryption.

clip_image005  clip_image006

Setelah Anda memasukkan USB FlashDrive atau Harddisk External, maka apabila Anda klik kanan dan memilih Manage BitLocker, maka akan tampil beberapa pilihan, antara lain:

  • Change password to unlock the drive diunakan untuk merubah password
  • Remove password from this drive digunakan untuk menghapus atau membuang password
  • Add a smart card to unlock the drive digunakan untuk menambahkan smart card guna meng-unlock drive tersebut
  • Save or print recovery key again dalam hal ini Anda diberi diberi pilihan untuk menyimpan sekali lagi recovery key yang telah anda buat sebelumnya. Automatically unlock this drive on this computer digunakan apabila drive akan meng-unlock secara otomatis.

TTD2